Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Yuk, Bergaya Dengan Konde Modern

Ramadhan is back! Di bulan suci ini, ternyata kulit kita berisiko menjadi lebih kering karena berpuasa. Lalu, bagaimana cara agar momen ibadah ini lancar dan kelembapan kulitmu terus terjaga?

Di bulan puasa, menahan haus dan lapar selama lebih kurang 12 jam otomatis mengubah metabolisme tubuh kita. Hal inilah yang menjadi penyebab kulit keringmu. Biasanya, orang yang mengalami dehidrasi akan memiliki rambut yang terlihat kusam akibat kelembapannya yang berkurang. Kulitmu pun akan terasa kering dan kasar, serta muncul garis putih apabila tergores.

Nah, ingin tahu caranya agar kesehatan kulitmu terjaga selama puasa? Berikut tips yang bisa kamu coba:
  1. Rajinlah mencuci wajahmu setelah beraktivitas, untuk mengangkat kotoran di wajah. Namun, jangan berhenti sampai di situ. Oleskan moisturizer secukupnya pada wajah yang sudah dibersihkan, agar kulitmu tetap lembap dan segar.

  1. Mandi minimal dua kali setiap harinya, dengan air dingin atau air suam-suam kuku. Gosok seluruh permukaan kulit tubuhmu secara perlahan, agar kotoran dan kulit mati yang menempel di kulit bisa terangkat.

  1. Jika jenis kulitmu tergolong kering, pilihlah pembersih/sabun berbentuk body wash. Karena body washyang bertekstur creamy mengandung banyak moisturizer. Kandungan natrium moisture pada body wash,bisa melembapkan sekaligus memberi nutrisi lebih ke permukaan epidermis kulitmu yang paling atas.

  1. Sehabis mandi, keringkan tubuh menggunakan handuk yang lembut, sehingga moisturizer dari sabun pada permukaan kulitmu tidak hilang begitu saja.

  1. Agar kelembapan kulitmu terjaga, gunakan lotion setelah mandi. Tentunya pilih yang sesuai dengan jenis kulitmu, ya.

  1. Minumlah air putih yang banyak saat sahur, berbuka dan saat menjelang tidur di malam hari. Tubuhmu membutuhkan banyak cairan agar kulitmu senantiasa lembap. Namun, atur juga porsi minum air putihmu agar tidak mengakibatkan mual ataupun kembung.

  1. Jalani pola makan yang sehat. Kurangi konsumsi gorengan-gorengan, junk food, makanan kaleng yang mengandung pengawet, serta makanan pedas. Lebih baik mengonsumsi makanan berserat seperti sayur-sayuran, gandum, kacang-kacangan dan buah-buahan, yang mampu memberikan nutrisi bagi kulit.

  1. Tidur yang cukup, sekitar 6-8 jam di malam hari. Kekurangan tidur dapat menganggu kelembapan dan kelembutan kulitmu. Meningkatnya hormon stres karena kurang tidur akan membuat  kulitmu kusam, jerawatan dan tidak segar.

  1. Do the sport! Meski berpuasa, jangan sampai melewatkan rutinitas berolahraga, Ladies. Luangkan waktu sekitar 15 menit setiap harinya untuk berolahraga ringan, seperti stretching atau jalan pagi. Tubuh yang berkeringat saat olahraga menandakan kelenjar yang memproduksi minyak alami berfungsi secara normal.  Kulitmu pun jadi menjadi sehat!

Mudah kan tips-nya? Sekarang, tidak perlu lagi takut kulit menjadi kering karena puasa. Bila dijalankan dengan baik, kulit segar dan sehat pun bisa menjadi milikmu. Selamat mencoba, Ladies! ***Tia Pudjowarsito

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar