Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SEKILAS TENTANG SI PENUH MISTERI (GOLONGAN DARAH AB)

Golongan darah setiap manusia berbeda-beda, walaupun pada kenyataannya diketahui terdapat 4 macam golongan darah di dunia ini, yaitu A, B, AB, dan O. Si penuh misteri atau yang kerap dikenal dengan golongan darah AB membawa campuran genetis A dan B. Golongan darah AB merupakan golongan darah yang jumlah penganutnya paling sedikit. Hanya sekitar 2-5% dari total populasi manusia yang memiliki golongan darah AB. Golongan darah AB juga bersifat kompleks secara biologis. Hal ini dikarenakan adanya antigen A dan B dalam darahnya. Lalu, apakah golongan darah AB memiliki kekuatan atau kelebihan? Ya, tentu saja setiap golongan darah memilikinya, dan bahkan disamping kekuatan atau kelebihan yang ada, juga terdapat adanya kelemahan atau kekurangan.

KEKUATAN/KELEBIHAN:

1.      Sistem kekebalan tubuh bertoleransi tinggi

KELEMAHAN/KEKURANGAN:

1.      Saluran pencernaan yang sensitif

2.      Mudah diserang oleh mikroba

Kelemahan golongan darah AB dapat diatasi dengan memperhatikan aspek makanan dan olahraga.

MAKANAN:

Ada beragam makanan yang pada sebagian golongan darah diperlukan, tetapi bagi golongan darah AB supaya dihindari. Daging ayam termasuk salah satu yang perlu dihindari, dikarenakan kandungan lektin dalam daging ayam yang akan mengganggu sistem pencernaan golongan darah AB. Seorang yang bergolongan darah AB lebih baik mengkonsumsi daging domba, daging kelinci, maupun daging kalkun. Yang lebih penting lagi adalah perlunya membatasi konsumsi daging karena asam lambung yang dihasilkan tidak cukup untuk mencerna terlalu banyak protein hewani. Tipsnya dengan mengkonsumsi daging secara sering tetapi dalam porsi yang kecil. Porsinya untuk orang asia (laki-laki 4-6 ons dalam seminggu, perempuan 2-5 ons dalam seminggu). Selain daging ayam, ada biji-bijian yang perlu dihindari, yaitu selain kacang tanah, kacang merah, dan kacang kedelai, walaupun biji-bijian merupakan sumberprotein yang baik, tetapi bagi golongan darah AB justru menghambat produksi insulin. Hal ini karena adanya lektin yang terdapat hampir pada semua biji-bijian. Termasuk makanan yang perlu dihindari antara lain juga: jagung, pisang, pare, jambu biji, mangga, lidah buaya, avokad, es krim, dan lada, teh, kopi, saus serta acar. Acar menjadi salah satu yang perlu dihindari karena rentan terhadap asam lambung. Mengkonsumsi vitamin C sangat bagus untuk mencegah kanker lambung, selain juga dapat membersihkan lendir dari saluran pencernaan. Adapun makanan kaya vitamin C yang dianjurkan: beri, brokoli, ceri, jeruk, dan nanas. Jangan segan mengkonsumsi bawang putih sebagai tonikum dan antibiotik khususnya untuk orang bergolongan darah AB. Perlu diperhatikan! Makanan baik kaya seng untuk golongan darah AB adalah: telur, kacang merah, kacang kedelai, tempe, tahu, dan daging domba, daging kelinci, terutama daging kalkun.

OLAHRAGA:

Golongan darah AB dari aspek olahraga yang penting berupa olahraga yang menenangkan seperti, yoga. Kemudian latihan fisik yang tergolong sedang, seperti bersepeda, jalan kaki, maupun tenis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar